Rekrutmen PKKA UGM

Lowongan Rekrutmen PKKA UGM Yogya

Posted by: on July 24, 2022

Rekrutmen PKKA UGM – sentraloker.net – Pusat Kajian Kesehatan Anak Universitas Gadjah Mada (UGM) sedang membuka kesempatan berkarir bagi Lulusan Terbaik melalui Lowongan Kerja Terbaru guna mengisi posisi pekerjaan sebagai berikut :

  1. Assistant Peneliti (Dokter, S1 Perawat/Ners, Apoteker, S2 Kesehatan)
  2. Statistik (S2 Biostatistik)
  3. Admin & Keuangan (S1 Akuntansi/Manajemen)
  4. Logistik (Laki-laki, D3/S1 Semua Jurusan)

Kualifikasi Umum :

  • Memiliki kemampuan komunikasi (lisan/tulisan) yang baik
  • Mampu berbahasa inggris
  • Bersedia bekerja fulltime minimal 12 bulan (6 bulan akan dipertimbangkan)
  • Bersedia tinggal di wilayah Yogyakarta
  • Memiliki kemampuan dalam melakukan penarikan/pengumpulan data, pengolahan data serta analisa dan penyajia data**
  • Menguasai beberapa aplikasi analisa data & penyajian data**
  • Note: **Khusus pelamar statistik

Pendaftaran

Para pemijnat dapat mengisi form dalam website berikut ini :

Keterangan Lain :

  • Seleksi dan rekrutmen PKKA UGM ini tidak dipungut biaya apapun
  • Semua aplikasi akan diproses, dan hanya pelamar yang lolos seleksi administratif yang akan dihubungi untuk interview
  • Pendaftaran maksimal 31 Juli 2022.

Tentang PKKA UGM

Rekrutmen PKKA UGM

Pediatric Reseach Office atau lebih dikenal dengan PRO di awal terbentuknya merupakan penelitian individual dari dosen bagian Ilmu Kesehatan Anak (IKA), Fakultas Kedokteran Gadjah Mada (FK- UGM)/ RSUP Dr. Sardjito dengan bidang yang diteliti antara lain meliputi diare, tuberkulosis dan Dengue. Penelitian-penelitian yang ada pada saat itu telah dilakukan bersama dengan lembaga international seperti Rockefeller Foundation serta dengan para ilmuwan ternama dunia seperti Prof. John Rohde dan Prof. Ruth Bishop. Pada tahun 2006, penelitian- penelitian dosen ini kemudian bergabung sebagai sub unit dari bagian IKA yang disebut Kantor Penelitian Anak (Litika). Litika sendiri fungsinya berubah seiring dengan berkembangnya kapasitas Litika dalam memberikan kontribusi di berbagai macam proses penyusunan kebijakan nasional pengembangan jejaring penelitian nasional dan international maupun diseminasi hasil penelitian melalui publikasi jurnal-jurnal internasional.

PRO dibentuk dengan beberapa tujuan yang sinergis dengan visi dan misi FK-UGM. Visi dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta adalah sebagai pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, dan visi dari Fakultas Kedokteran adalah menjadi fakultas yang berstandar internasional yang inovatif dan unggul. Visi ini sangat sejalan dengan tujuan untuk menjadi menjadi World Class University, yang tentu saja sangat ditentukan oleh kekuatan tiga pilar utama (tri dharma) perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. PRO melengkapi peran UGM di dalam pilar penelitian dengan memperkuat, mendukung, dan mengelola penelitian beretika yang terintegrasi dengan pelayanan dan pendidikan (Tridharma Perguruan Tinggi), mengembangkan penelitian translational dari penelitian dasar ke komunitas, untuk mengembangkan kolaborasi dan jejaring kerjasama, dan juga sebagai Revenue Center.

Pada tanggal 16 Februari 2010 berdasarkan Surat Keputusan Kepala Bagian IKA No. IKA/197/TL/01/01, Litika kemudian diresmikan sebagai Unit di Bagian IKA yang bergerak di bidang penelitian dan namanya diubah menjadi Pediatric Research Office (PRO). Mengacu kepada legalitas tersebut, dalam periode 5 tahun sejak pendirian PRO sebagai unit, beberapa perubahan dilakukan oleh PRO untuk menyesuaikan dengan dinamika dan kebutuhan penelitian yang ada. Dengan semakin berkembangnya aktivitas PRO yang diimbangi juga dengan peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia PRO, serta berkembangnya kolaborasi dan partnership kegiatan baik dengan Akademisi, Bisnis, dan pemerintah/government (ABG) dalam skala lokal, nasional, maupun internasional, maka diharapkan PRO secara resmi dapat mengembangkan sayap menjadi pusat kajian di bawah FK-UGM. Pusat kajian adalah “unit kerja Fakultas dalam bidang riset kedokteran/kesehatan yang berasal dari minimal 3 bagian/laboratorium dan dikembangkan untuk mendukung kegiatan pendidikan, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama berdasarkan misi dan kompetensi tertentu”.

Dalam rangka mengembangkan diri menjadi pusat Kajian, PRO mewakili Departemen IKA, menggandeng beberapa departemen yang sudah bekerja sama dengan PRO dalam melakukan penelitian-penelitian, antara lain Departemen Mikrobiologi, Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Departemen Farmakologi Terapi. Dalam pengajuannya sebagai pusat kajian, PRO tidak menutup kemungkinan untuk melibatkan departemen lain yang memiliki visi dan misi yang serupa untuk dapat bergabung dengan PRO. PRO sebagai pusat kajian diharapkan nantinya mampu mengakomodasi penelitian bertaraf nasional maupun internasional sehingga dapat berkiprah dalam forum nasional maupun internasional dengan lebih mandiri dan profesional. Terlebih lagi, sistem administrasi dan pengembangan institusi di UGM harus mengikuti ketentuan Badan Layanan Umum (BLU) dan juga status sebagai PTN-BH.

Sejak tahun 2014 PRO telah menjajaki dan mempelajari proses pengajuan untuk dapat menjadi Pusat Kajian. Sejauh ini pengajuan tersebut masih terus berproses. Berdasarkan Peraturan Majelis Wali Amanat Universitas Gadjah Mada Nomor 4/SK/MWA/2014 tentang Organisasi dan Tata Kelola (Governance) Universitas Gadjah Mada serta SK Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Nomor UGM/ KU/ 64/ 01/ 38 (lampiran dari Surat Dekan tanggal 03 Februari 2014 Nomor UPPM/908/M/05/07/02.14 tentang Pengantar Pertimbangan Senat FK UGM tentang PRO) dan Surat Senat FK tanggal 21 Januari 2014 Nomor Senat/012/TL/03/04/01.14 tentang Pertimbangan Senat, PRO bermaksud untuk mengajukan permohonan legalitas Universitas sebagai Pusat Kajian/Unit Penelitian di bawah FK-UGM. Dengan mengacu pada Peraturan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Nomor 265/SK/WDPPK/ 2015 tentang Penyelenggaraan Pusat Kajian dan Kelompok Kerja Penelitian di Lingkungan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada, Naskah Akademik ini disusun sebagai kelengkapan persyaratan untuk mengajukan PRO sebagai Pusat Kajian di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.