Lowongan Kerja Koordinator Lapangan Dan Enumerator Survei JKN

Rekrutmen JKN – sentraloker.net – JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional merupakan salah satu program dari Pemerintah dengan tujuan memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi seluruh rakyat Indonesia untuk dapat hidup sehat, produktif dan sejahtera.

Jaminan kesehatan bagi masyarakat, khususnya yang miskin dan tidak mampu, adalah tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah sebagai mana amanat yang terdapat dalam UUD 1945 Pasal 34 ayat 2 yang menyebutkan bahwa negara mengembangkan Sistem Jaminan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pemerintah mengeluarkan UU No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) untuk memberikan jaminan sosial yang menyeluruh bagi setiap orang dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak menuju terwujudnya masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur. Setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh akses atas sumber daya di bidang kesehatan dan memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau sebagai mana yang terdapat dalam UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

SJSN diselenggarakan dengan mekanisme Asuransi Sosial dimana setiap peserta wajib membayar iuran guna memberikan perlindungan atas risiko sosial ekonomi yang menimpa peserta dan/atau anggota keluarganya sesuai dengan UU No 40 Tahun 2004. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang merupakan bentuk komitmen pemerintah terhadap pelaksanaan jaminan kesehatan masyarakat Indonesia seluruhnya. Sebelum JKN, pemerintah telah berupaya merintis beberapa bentuk jaminan sosial di bidang kesehatan, antara lain Askes Sosial bagi pegawai negeri sipil (PNS), penerima pensiun dan veteran, Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) Jamsostek bagi pegawai BUMN dan swasta, serta Jaminan Kesehatan bagi TNI dan Polri. Untuk masyarakat miskin dan tidak mampu, sejak tahun 2005 Kementerian Kesehatan telah melaksanakan program jaminan kesehatan sosial, yang awalnya dikenal dengan nama program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan bagi Masyarakat Miskin (JPKMM), atau lebih populer dengan nama program Askeskin (Asuransi Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin). Kemudian sejak tahun 2008 sampai dengan tahun 2013, program ini berubah nama menjadi program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). JKN mulai diberlakukan mulai tanggal 1 Januari 2014, semua program jaminan kesehatan yang telah dilaksanakan pemerintah tersebut (Askes PNS, JPK Jamsostek, TNI, Polri, dan Jamkesmas), diintegrasikan ke dalam satu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). Sama halnya dengan program Jamkesmas, pemerintah bertanggungjawab untuk membayarkan iuran JKN bagi fakir miskin dan orang yang tidak mampu yang terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).

RECRUITMENT KOORDINATOR LAPANGAN DAN ENUMERATOR SURVEI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI 34 PROVINSI TAHUN 2017

Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan (PKEKK) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia  saat ini kembali membutuhkan sejumlah koordinator lapangan dan enumerator yang akan ditempatkan di seluruh provinsi. Kandidat dengan latar belakang Jurusan Kesehatan dan memiliki pengalaman dengan studi terkait JKN akan kami prioritaskan. Rencana waktu turun lapangan adalah pada sekitar Minggu ke-4 Juli hingga Minggu ke 1-2 Agustus 2017 (selama 2-3 minggu) dan pelatihan di minggu ke-3 Juli dengan informasi penempatan lokasi menyusul setelah kandidat melalui tahap seleksi administrasi. Seluruh provinsi di Indonesia akan menjadi wilayah studi ini. Oleh karena itu, enumerator dan kandidat terpilih akan semaksimal mungkin ditempatkan sesuai domisilinya. Berikut Formasi yang dibuka :

  1. Koordinator Lapangan 
  2. Tenaga enumerator 
Kualifikasi :
  • Minimal berpendidikan terakhir sarjana S1 untuk Koordinator Lapangan dan D3 untuk enumerator (berlatar belakang Kesehatan Masyarakat)
  • Mempunyai pengalaman mengorganisir kegiatan di lapangan (untuk koordinator lapangan)
  • Kandidat bisa bekerja dalam tim, memiliki komitmen dan jujur
  • Kandidat mempunyai pengalaman dalam penelitian terkait Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
  • Pastinya peserta tidak sedang terikat oleh kontrak kerja dengan lembaga/proyek lain
  • Kandidat mempunyai tanggung jawab terhadap laporan di lapangan (administratif dan substansi penelitian)
  • Siap sedia mengikuti proses pengumpulan data selama 15 hari di daerah
  • Kandidat mempunyai track record yang baik dalam menjalankan penelitian di berbagai lembaga

Tata Cara Penyampaian Lamaran :

Bagi anda yang berminat dan memenuhi kualifikasi pekerjaan tersebut, silahkan anda melengkapi berkas lamaran yang terdiri dari CV, surat lamaran, dan surat referensi kemudian melakukan pendaftaran secara online malalui laman berikut :

RECRUITMENT KOORDINATOR LAPANGAN DAN ENUMERATOR SURVEI JKN Tahun 2017

Keterangan :

  • Kandidat terpilih akan kami hubungi via email 2 minggu setelah deadline pendaftaran untuk kami minta melengkapi berkas yang diperlukan.
  • Pendaftar dimohon dapat membaca setiap instruksi dalam form ini dengan detil dan mengisi form dengan informasi yang benar.
  • Pendaftaran Lowongan Kerja Tenaga Enumerator Pada Survei Jaminan Kesehatan Nasional Paling lambat Sabtu, 10 Juni 2017 pukul 17.00 WIB.
  • Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Dina (021 7875576) atau nurul.dina@cheps.or.id
Terms : lowongan enumerator survey 2017