Inilah Cara Mudah Mengerjakan Soal Psikotes

Share:

Inilah Cara Mudah Mengerjakan Soal Psikotes – Psikotes merupakan sebuah rangkaian test psikologi untuk seseorang dimana hasil tes nanti akan didapatkan mengenai karakter juga sifat orang yang mengerjakan test tersebut, mulai dari test penalaran, test IQ, hingga test kepribadian.  Selengkapnya bisa anda baca di Wikipedia.

Inilah Cara Mudah Mengerjakan Soal Psikotes

Saat anda mengikuti sebuah seleksi untuk melamar kerja, umumnya anda akan diseleksi dalam beberapa tahap. Salah satu tahapannya adalah untuk menyelesaikan soal -soal psikotes yang disediakan, jadi nanti akan dilihat hasilnya apakah anda cocok untuk bekerja di bidang yang anda lamar itu.

Anda selaku pencari kerja selalu berupaya untuk menghindari yang namanya. Namun tenang saja, kali ini sentraloker.net akan mencoba menjabarkan bagaimana cara mudah mengerjakan soal psikotes untuk fresh graduate. Diharapkan setelah membaca tulisan ini, anda bisa mengisi semua soal – soal Psikotes yang disediakan. Langsung saja kita simak seperti apa cara mudah mengerjakan soal psikotes.

1. Cara Mudah Menjawab Test Logika PenalaranInilah Cara Mudah Mengerjakan Soal Psikotes

Untuk anda yang masih awam, tes terdiri dari sebuah deretan gambar entah itu 2 dimensi ataupun 3 dimensi. Adapaun hal yang menjadi alasan kenapa anda harus mengerjakan test ini yaitu, anda akan dilihat kemampuan untuk paham akan kecenderungan/pola untuk diprediksi.

Tips untuk mengerjakan test ini yaitu konsentrasi, teliti dan selalu hati-hati. Karena anda akan menemukan beragam bentuk yang serupa namun tidak sama.

2. Cara Mudah Menjawab Analog Verbal Test.

Analog Verbal Test  merupakan sebuah test yang dari 40 soal, dimana soal tersebut isinya berupa antonim/analog/ sinonim dari sebuah kata. Tolak ukur tes tersebut yaitu ingin melihat sejauh mana kemampuan logika anda dalam memahami hubungan sebab-akibat dari sebuah masalah.

Adapun tips untuk mengerjakan test tersebut yaitu Jika anda mempunyai masalah dengan logika dan konsentrasi, anda dapat menghafal soal serta jawaban. Kenapa ? Karena test ini mempunyai soal yang hampir sama.

3. Cara Cepat Menjawab Tes Logika Aritmatika

Tes selanjutnya terdiri dari deretan angka. Tolak ukur yang dilihat dalam tes logika arimatika yakni mengenai kemampuan anda untuk melakukan analisa serta memahami mengenai jenis pola-pola tertentu yang umumnya berupa deretan angka .

Adapun tips untuk mengerjakan soal ini yaitu:

  • Jangan pernah hanya terpaku terhadap deret hitung perhitungan matematika. Jangan terkonsentrasi ke 3 -4 angka yang berada di depan, karena dalam deret anda harus melihat semua angka yang berupa pengelompokan berurutan, pengelompokan loncat, serta urutan.
  • Anda harus ingat mengenai waktu yang terbatas. Jadi janganlah terlalu konsentrasi dan fokus terhadap sebuah soal yang membuat anda penasaran untuk menyelesaikannya. Lewati dulu soal tersebut, karena masih banyak soal yang lebih mudah untuk anda selesaikan.
  • Sering berlatih soal. Anda bisa membeli ebook kami yang berjudul “Taklukan Soal-Soal Psikotest Bank-BUMN” sebagai materi latihan.

4. Cara Mudah Mengerjakan Kraeplien/Pauli.

Ini bisa dibilang sebagai tes tersulit, karena tes ini berisi kumpulan angka-angka yang tersusun dengan membujur (dari atas ke bawah) dengan bentuk lajur-lajur yang terurut.  Anda sebagai calon pegawai akan diminta menambahkan dua buah angka yang saling berdekatan di waktu tertentu di semua kolom sertu menuliskan jawaban yang anda dapat tepat disamping. Tolak ukur di test ini yakni ketahanan, konsisten, kemampuan untuk menyesuaikan diri, ketelitian, sikap dalam menghadapi tekanan, serta seberapa cepat anda dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Adapun tips mudah untuk mengerjakanKraeplien/Pauli yaikut:

  • Tidak memakai pensil saat anda mengerjakan tes ini. Dikarenakan test ini berkaitan dengan waktu, maka usahakan untuk menggunakan pulpen atau pensil biasa. Bisa anda bayangkan apabila anda menggunakan pensil mekanis, maka anda memerlukan waktu untuk reload saat ujung granit pensil sudah habis. Umumnya anda memerlukan 0.5-1 detik untuk me-reload pensil tersebut. Jika dalam 10 lajur anda melakukan 10 reload, maka anda akan waktu anda terbuang selama 5-10 detik.
  • Jumlah angka yang ditambahkan usahakan untuk tetap stabil dalam setiap kolom. Dengan begitu maka akan jauh lebih baik hasilnya, bila dibandingkan dengan terburu-buru untuk menyelesaikan tes diawal, namun saat memasuki koloh pertengahan serta kolom akhir anda kesulitan. Hematlah tenaga anda dengan cara mengendalikan diri.
  • Adapun hal yang jauh lebih penting saat anda mengerjakan tes kraeplein ini yaitu konsentrasi. Ada kalanya anda akan bengong atau kehilangan konsentrasi saat di pertengahan tes, tapi anda haruslah fokus dan berupaya untuk bangkit lagi. Oleh sebab itu, kondisi fisik merupakan faktor yang sangat penting. Jangan pernah bergadangan dan tidak sarapan saat anda akan menghadapi test ini. Karena test ini akan menyedot tenaga dan pikiran anda secara besar-besaran.

Diatas tadi adalah artikel mengenai “Cara Mudah Mengerjakan Soal Psikotes” yang dapat sentraloker.net sampaikan. Untuk mempersiapkan lebih awal menghadapi test psikotest anda dapat memesan produk ebook kami yang berjudul “Taklukan Soal-Soal Psikotest Bank-BUMN”. Untuk mendapatkan ebook tersebut, anda dapat memesannya via SMS/WHATSAPP ke 08986968303.

Baca juga artikel mengenai Cara Membuat Curriculum Vitae (CV) Yang Baik.

Sumber

Inilah Cara Mudah Mengerjakan Soal Psikotes

Inilah Cara Mudah Mengerjakan Soal Psikotes | Sentraloker | 4.5

Berita Lainnya

Kirim Komentar